Penyelenggaraan Musrenbang Tahun 2019 Kabupaten Muara Enim




Tim News Room Muara Enim Diskominfo. Muara Enim menyelenggarakan Musrenbang Tahun 2019 di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim  dan yang mengawali penyelenggaran Musrenbang Tahun 2018 ini adalah 3 Kecamatan sekaligus yakni  Kecamatan Semendo Darat Ulu, Kecamatan Rambang Dangku dan Kecamatan Belida Darat.

Dihari kedua pun diselenggarakan di 3 Kecamatan diantaranya Kecamatan Lubai Ulu yang dibuka langsung oleh Bupati diwakili oleh Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM,  Panca Surya Diharta, S.H  Rabu, (7/2).

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, Panca Surya Diharta, S.H bahwa Musrenbang merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan ditingkat Kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan yang didasarkan pada masukan dari seluruh Desa. Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada OPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan rencana organisasi perangkat daerah Kecamatan pada tahun berikutnya yakni Tahun 2019.

Rencana pembangunan Tahun 2019 merupakan tahun ke-14 dan tahap 3 RPJM III 2018 – 2020 RPJM Kabupaten Muara Enim Tahun 2005 – 2025 dengan VISI mewujudkan masyarakat Kabupaten Muara Enim yang SEHAT, MANDIRI dan SEJAHTERA dengan prioritas pembangunan pada aspek pengembangan ekonomi lokal yang kompetiti dengan ditopang oleh peningkatan kerjasama antar lembaga, antar wilayah, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan infrastruktur, peningkatan kualitas lembaga kepemerintahan, peningkatan sumber penerimaan daerah dan pendapatan masyarakat guna mencapai VISI dan MISI RPJM tersebut diantaranya dilakukan melalui peningkatan aksesibilitas dan kualitas pelayanan publik  termasuk pendidikan dan kesehatan serta didukung ketahanan pangan dan peningkatan infrastruktur dengan tetap memperhatikan pelestarian lingkungan hidup. Papar Kepala Bappeda.

Ketua DPRD menjelaskan adapun tema rencana pembangunan tahun 2019 adalah “Pemerataan Pembangunan Untuk Pertumbuhan Berkualitas” dengan rancangan prioritas pada Pembangunan sumber daya manusia, peningkatan infrastruktur dasa dan penunjang perekonomian serta tata kelola pemerintahan yang baik,

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta tanggapan-tanggapan SKPD yang dipimpin oleh Tim Musrenbang Kabupaten Muara Enim yang diakhiri  dengan penanda tanganan Berita Acara Musrenbang Tingakat Kecamatan  Tahun 2019.

Hadir  pada acara Musrenbang Tahun 2019 ini  antara lain Wakil Ketua DPRD, Kepala OPD lingkup Kabupaten Muara Enim, Kepala BUMN wilayah Kecamatan Lubai Ulu, Camat berikut perangkat tripika, Kades, Ketua TP PKK Desa dan perangkat Desa, Ketua BPD Desa, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Kepala Sekolah dan Guru, Kepala Rumah Sakit Pratama Kecamatan Lubai Ulu dan undangan lainnya..

Penyelenggaraan Musrenbang Tahun 2019 Kabupaten Muara Enim akan berakhir pada tanggal 22 Februari 2018.

  • Pengunjung (107511 Kunjungan)
  • Hits (107511 Kunjungan)
  • Hari Ini (75 Kunjungan)
  • Kemarin (248 Kunjungan)

Apakah website ini bersifat informatif?